August 8th, 2021

Puskeswan di Indonesia Perlu Ditambah

Pemerintah menilai jumlah Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) saat ini masih kurang untuk dapat memberikan jasa pelayanan kesehatan hewan yang optimal terhadap peternak sampai di pelosok  tanah air.

Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) merupakan unit terdepan  dalam  pelayanan kesehatan hewan guna  mencegah, mendeteksi dan merespon berbagai ancaman penyakit hewan. Sarana ini juga berperan dalam peningkatan status kesehatan hewan Indonesia. 

Saat ini Indonesia memiliki 1.691 Puskeswan yang tersebar di sejumlah daerah. Sementara ini terdata hanya 21 persen  kecamatan yang menyediakan fasilitas Puskeswan aktif. 

Berdasarkan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 64 Tahun 2007, wilayah kerja Puskeswan meliputi 1 sampai 3  kecamatan.

Dengan jumlah kecamatan di Indonesia sebanyak 7.094, dan rata-rata satu Puskeswan melakukan pelayanan untuk dua kecamatan, maka jumlah ideal Puskeswan di Indonesia adalah sebanyak 3.547 unit. Ini artinya, Indonesia masih perlu tambahan sebanyak 1.800-an unit Puskeswan di seluruh Indonesia.

Pada tahun 2022, Kementan merencanakan untuk menambah dan merenovasi Puskeswan di wilayah sentra peternakan, serta mengalokasikan dukungan operasional untuk meningkatkan kualitas dan jangkauan layanan.